• Uncategorized
  • 0

Implementasi Algoritma

Apa itu Algoritma?

Algorityma yaitu, penyusunan langkah-langkah penyelesaian masalah dalam bentuk kalimat dengan jumlah kata terbatas tetapi tersusun secara logis dan matematis. Algoritma adalah suatu prosedur yang jelas untuk menyelesaikan suatu persoalan dengan menggunakan langkah-langkah tertentu dan terbatas jumlahnya.

Apa itu Implementasi Algoritma ?

Impelentasi Secara sederhana bisa diartikan pelaksanaan atau penerapan, sedangkan Algoritma yaitu, suatu urutan dari beberapa langkah yang logis guna menyelesaikan masalah

Dalam pemrograman yang sederhana, algoritma merupakan langkah pertama yang harus ditulis sebelum menuliskan program. Masalah yang dapat diselesaikan dengan pemrograman komputer adalah masalah-masalah yang berhubungan dengan perhitungan matematik.

Asal – Usul

Kata Algoritma ditemukan oleh Abu Abdullah Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi, beliau merupakan matematikawan yang berasal dari Persia yang ditemukan pada Abad Ke 9. Dari masa ke masa, kata algoritma mulai berkembang di abad ke 18.

salah satu contoh algoritma

Algoritma untuk menghitung nilai x dari persamaan x = 11y + 8
1) Memulai
2) Menentukan nilai y
3) Menghitung nilai x = 11y + 8
4) Menyelesaikan

 

Merancang Algoritma yang Baik

Menurut Donald E. Knuth, dari pengertian algoritma diatas dapat diketahui bahwa sebuah algoritma yang baik yaitu algoritma yang mempunyai kriteria sebagai berikut :

  • Masukan (Input)

Algoritma mempunyai input 0 (nol) atau lebih

  • Keluaran (Output)

Algoritma harus menghasilkan atau mengeluarkan minimal 1 output.

  • Terbatas (Finite)

Algoritma harus berhenti setelah melakukan langkah-langkah yang diperlukan.

  • Pasti (Definite)

Algoritma harus jelas kapan dimulai dan berakhir. Tujuan dari algoritma harus jelas. Setiap langkah-langkah harus dijelaskan dengan jelas.

  • Efisien

Membuat sebuah algoritma haruslah efisien. Adanya langkah seperti mencari hasil 1 + 0 tidak efisien. Hal ini karena bilangan apapun itu jika ditambah dengan nol maka hasilnya ialah bilangan itu sendiri. Sehingga adanya langkah seperti itu tidak perlu dimasukkan ke dalam sebuah algoritma.

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *